Search

STANDARD CASE CONFRENCE / KONFRENSI KASUS

Thursday, January 11, 2018

1.       PENGERTIAN
Case Confrence  (Konfrensi kasus) adalah diskusi kelompok tentang kasus asuhan keperawatan  pasien / keluarga



2.       TUJUAN
A.      Mengenal kasus dan permasalahannya
B.      Mendiskusikan alternative penyelesaian masalah asuhan keperawatan
C.      Meningkatkan koordinasi dalam rencana pemberian asuhan keperawatan
D.      Meningkatkan pengetahuan dan wawasan dalam menangani kasus

3.       TOPIK KASUS
A.      Kasus pasien baru
B.      Kasus pasien yang tidak ada perkembangan
C.      Kasus pasien yang meninggal
D.      Kasus pasien dengan masalah yang jarang ditemukan

4.       TAHAP PELAKSANAAN
A.      PERSIAPAN
1.       Masing – masing ketua tim menjadualkan kegiatan  Case Confrence  dan disepakati oleh katimmlainnya
2.       Jadual pelaksanaan Case Confrence  sudah terjadual (hari, tanggal, waktu dan tempat)
3.       Ketua tim yang akan menyelenggarakan Case Confrence  menyipakan bahan yang akan disampaikan saat Case Confrence  
  
B.      PELAKSANAAN
1.       Acara dimulai dengan pembukaan salam oleh kepala ruangan atau ketua tim
2.       Ketua tim menyampaikan kasus yang akan dibahas
3.       Ketua tim meminta masukan kepada perawat tentang permasalahan yang dihadapi (didiskusikan)
4.       Ketua tim menyimpulkan hasil Case Confrence  secara keseluruhan dan khususnya tindak lanjut untuk kasus yang disajikan

C.      PENUTUP
1.       Kepala ruangan atau ketua tim menyampaikan rencana kegiatan
2.       Kepala ruangan menyampaikan kontrak pertemuan berikutnya
3.       Kepala ruangan menutup kegiatan Case Confrence  dan mengucapkan salam

5.       DOKUMENTASI
A.      Ketua tim mendokumentasikan hasil hasil dari Case Confrence  

B.      Kepala ruangan menilai kemampuan ketua tim dalam melakukan Case Confrence  

No comments:

Post a Comment

 

Most Reading